Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Faathir [35] : 28); Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta guru berperan sebagai katalisator dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. “Sebagai katalisator, guru mempercepat penyerapan benih pengetahuan dan mengakar kuat, serta dapat melipatgandakan modal pengetahuan yang dimilikinya

Minggu, 20 November 2011

25 Password Terburuk Tahun 2011

Anda pernah mengalami akun email atau bahkan facebook di-hack orang lain? Jika iya, bisa jadi karena Anda menggunakan password menggunakan kata yang mudah ditebak. Bagi seorang hacker, sangat mudah dalam membobol password menggunakan kata yang umum. Penggunaan password yang mudah tentu tidak disarankan mengingat banyak hacker mengintai di internet. Apalagi jika password tersebut digunakan melindungi data penting atau berharga.
Ada sebuah kisah lucu mengenai password, beberapa tahun lalu sekelompok hacker berhasil membobol sebuah server milik Biro Keamanan Nasional Slovakia atau disingkat NBU yang mana didalamnya tersimpan ribuan data penting.
Namun yang menjadi perbincangan hangat bukan itu saja, ternyata pembobolan ini berlangsung cepat dan mudah dikarenakan administrator hanya menggunakan kata 'nbu123' sebagai password utama. Hal ini dipublikasikan sendiri oleh para hacker setelah berhasil melakukan pembobolan tersebut. Namun parahnya beberapa hari setelah kejadian tersebut, ternyata password belum berubah dan masih berupa kata 'nbu123'.

Beberapa bulan lalu juga seorang arsitek dari Microsoft juga mengatakan bahwa masih banyak orang yang menggunakan password yang hanya terdiri dari tiga huruf saja. Pernyataan ini diungkapkan setelah kejadian pembobolan password besar-besaran terhadap akun Sony PSN.
Beberapa alasan dikemukakan mengapa mereka lebih memilih kata yang umum atau mudah. Diantaranya yang paling banyak adalah karena mereka takut lupa. Jika Anda masuk kedalam golongan ini, bisa menggunakan bantuan aplikasi manajemen password. Aplikasi ini banyak bertebaran diinternet, dengannya Anda hanya cukup mengingat password utama dan selanjutnya biarkan aplikasi ini yang mengatur.
Kasus diatas bisa menjadi contoh bahwa password yang mudah ditebak menjadi incaran yang menyenangkan dan memudahkan bagi para hacker. Baru-baru ini sebuah pembuat aplikasi manajemen password, SpashData, mengumumkan daftar 25 password terburuk di tahun 2011. Daftar tersebut berdasarkan hasil temuan dari pembobolan para hacker yang telah dipublikasikan secara online. Memang biasanya setelah para berhasil membobol sebuah server, mereka akan langsung mempublikasikan temuannya tersebut untuk tujuan tertentu. Berikut daftarnya:

1. password
2. 123456
3. 12345678
4. qwerty
5. abc123
6. monkey
7. 1234567
8. letmein
9. trustno1
10. dragon
11. baseball
12. 111111
13. iloveyou
14. master
15. sunshine
16. ashley
17. bailey
18. passw0rd
19. shadow
20. 123123
21. 654321
22. superman
23. qazwsx
24. michael
25. football

Nah, apakah salah satu password tersebut juga Anda gunakan? Jika iya sebaiknya segeralah menggantinya sebelum password tersebut disalah gunakan oleh para hacker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar