Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Faathir [35] : 28); Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta guru berperan sebagai katalisator dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. “Sebagai katalisator, guru mempercepat penyerapan benih pengetahuan dan mengakar kuat, serta dapat melipatgandakan modal pengetahuan yang dimilikinya

Kamis, 01 Desember 2011

Hari Guru di SMAKos Bogor

Hari guru yang diperingati tepat tanggal 25 November 2011 yang lalu merupakan hari guru yang ke-17. Banyak amanah yang dititipkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutannya memperingati hari guru nasional. "Seorang guru teladan pernah ditanya mengapa dia tertarik menjadi guru? Jawabnya adalah karena guru (bahkan hanya guru) yang dapat merasakan dan menyentuh pinggiran masa depan. Dia tidak berharap dapat menyentuh masa depan karena hal itu adalah sesuatu yang mustahil. Tetapi cukup dapat menyentuh pinggiran masa depan, karena melalui persinggungan dengan peserta didiknya yang mewakili masa depan tersebut, profesi guru menjadi jauh lebih menarik daripada profesi yang lain. Itulah sesungguhnya jawaban Guru Teladan.

Banyak sekolah memperingati hari guru dengan caranya masing-masing, ada sekolah yang melaksanakan upacara, dimana pelaksana upacaranya adalah para guru. Di SMA Kosgoro Bogor, rencananya akan dilaksanakan hal yang serupa, akan tetapi karena kondisi sekolah yang tidak memungkinkan (sedang membangun RKB-bantuan provinsi, red) maka kegiatan diganti menjadi "lomba cepat tepat untuk guru". Kegiatan ini dilaksanakan oleh OSIS (Sabtu, 26 November 2011) yang dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah (Bp. Drs. Tri Atmojo, M.Pd) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Hymne Guru" dan "Terima Kasih Guru". Setelah itu lomba cepat tepat dimulai yang diikuti oleh 5 regu (15 orang guru). Pertanyaan Lomba dibuat oleh siswa begitupun yang menjadi dewan juri adalah siswa. Kegiatan berlangsung menarik dan seru karena ternyata masing-masing regu tidak mau mengalah, walaupun jawabannya salah, tetap saja wakil regu memberikan komentar kepada dewan juri meminta soal dianulir, soal tidak berimbang dan lain sebagainya. Kegiatan lomba berlangsung sekitar 2 jam. Berikut ini adalah pemenang lomba cepat tepat guru tingkat SMA Kosgoro Bogor : Juara I-Regu E (Herman Lasrin, Siti Nurlela, Rika Sartika), Juara II-Regu C (Ujang Sudrajat, Dewi Handayani, Ratna Desniningsih) dan Juara III-Regu B (Riot Cahyo, Dedy Suryadi, Solihin). Selamat kepada para pemenang, selamat hari guru...terus berkarya dan berinovasi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar