Faktor internal diartikan sebagai
faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik
yang bersumber dari dalam dirinya.
Faktor internal ini dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu:
faktor psikologis dan
faktor fisiologis.
Jika diklasifikasikan secara konseptual
faktor psikologis dapat digolongkan terdiri dari
faktor intelektual dan
faktor non intelektual.
Faktor-
faktor intelektual
yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa dapat berupa:
- Tingkat kecerdasan intelektual (yang populer dikenal dengan sebutan IQ)
- Bakat
Sedangkan
faktor non intelektual
yang dapat menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik
yang bersumber dari beberapa sifat kepribadian
yang terdiri dari:
- Sikap terhadap belajar
Kita ketahui bahwa sikap
adalah kecendrungan
ornag untuk berbuat, sikap sesungguhnya berbeda dengan perbuatan karna
perbuatan merupakan inplementasi dari sikap. Dalam kegiataniat belajar,
sikap siswa dalam proses belajar terutama ketika memulai kegiatan
belajar merupakan bagian penting untuk diperhatikan karena aktifitas
belajar siswa selanjutnya banyak ditentukan oleh sikap siswa akan
memulai suatu kegiatan belajar, bila mana ketika memulai kegiatan
belajar siswa memiliki sikap menerima atau kesediaan emosional untuk
belajar, maka ia akan cendrung untuk berusaha terlibat dalam kegiatan
belajar dengan baik, demikian juga sebaliknya.